1. Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan, berasal dari
bahasa apakah? Sebutkan pula artinya?
Jawab:
Istilah
kewiausahaan merupakan padanan kata dari enterpreneurship
dalam bahasa inggris. Kata enterpreneurship sendiri berasal dari
bahas prancis yaitu enterprende yang berarti peluang, pencipta, dan pengolahan
usaha.
Kewirausahaan
adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam
kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih
baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah
penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
2. Apa yang dimaksud dengan wirausahawan, dan sebutkan tiga jenis perilakunya?
Jawab:
Wirausahawan adalah orang-orang yang
memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan
sumberdaya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat, mengambil
keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan
inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih
sukses/meningkatkan pendapatan. Tiga jenis perilakunya yaitu:
-Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas,
optimisme.
-Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba
bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
-Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada
masa depan.
3. Wirausahawan dunia modern muncul pertama kali di Inggris pada masa revolusi pada akhir abad ke 18. Apa yang menjadi kunci penting seorang wirausahawan? Sebutkan Karakteristiknya menurut Mc Clelland dan karakteristiknya yang sukses dengan n Ach tinggi.
Jawab:
Kunci penting seorang wirausahaan
adalah bersikap kreatif, inovatif, berani mengambil resiko, dan tidak mudah
menyerah. Karakteristik menurut McClelland adalah:
1.
Keinginan untuk berprestasi.
2.
Keinginan untuk bertanggung jawab.
3.
Preferensi kepada resiko-resiko.
4.
Presepsi kepada kemungkinan berhasil.
5.
Rangsangan oleh umpan balik.
6.
Aktivitas energik.
Karakteristik yang sukses dengan n Ach
tinggi:
1. Kemampuan inovatif.
2. Toleransi terhadap kemenduaan.
3. Keinginan untuk berprestasi.
4. Kemampuan perencanaan realistis.
5. Kepemimpinan terorientasi kepada
tujuan.
6. Objektivitas.
7. Tanggung jawab pribadi.
8. Kemampuan beradaptasi.
9. Kemampuan sebagai perorganisasi dan
administrasi.
4. Sebutkan tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut Mc Clelland, dan berikanlah contoh masing-masing.
Jawab:
1. Kebutuhan untuk berprestasi (n Ach)
Contohnya: Seorang karyawan perlu mendapatkan
perlakuan terhadap setiap prestasi yang dia kerjakan dikantor oleh atasannya.
2. Kebutuhan untuk berafiliasi (n
Anfil)
Contohnya: Seorang karyawan memiliki
hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab, seperti memiliki
seorang teman atau sahabat ditempat kantor.
3. Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
Contohnya: Seorang atasan ingin dapat mengendalikan
dan mempengaruhi bawahannya, dimana para karyawannya berperilaku sesuai yang
diinginkan oleh atasannya.
5. Sebutkanlah sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru
Jawab:
5. Sebutkanlah sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru
Jawab:
1. Kebutuhan akan sumber penemuan.
2. Hobby atau kesenangan pribadi.
3. Mengamati
kecendrungan-kecendrungan.
4. Kegunaan lain dari barang-barang
biasa.
5. Pemanfaatan produk dari perusahaan
lain.
6.Sebutkanunsur-unsur analisa pulang pokok.
Jawab:
1. Biaya tetap.
1. Biaya tetap.
2. Biaya Variabel.
3. Biaya total.
4. Pendapatan total.
5. Keuntungan.
6. Kerugian.
7. Titik pulang pokok.
7. Apa yang dimaksud dengan waralaba (franchising). Sebutkan pula jenis-jenisnya.
Jawab:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik
merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek,
nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam
jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Waralaba luar negeri dan dalam
negeri
8. Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung dan sebutkan teknik alternatifnya.
Jawab:
Pemasaran langsung adalah sistem
pemasaran yang menggunakan media iklan atau saluran-saluran langsung kepada
konsumen untuk memudahkan suatu pemasaran produk dalam menjangkau dan
menyerahkan produk kepada konsumen membutuhkan produk tersebut tanpa
menggunakan perantara pemasaran.
Teknik alternatifnya yaitu periklanan
terklarifikasi, periklanan display, dan pemasaran tanggapan langsung media.
9. Sebutkan dan jelaskan pembagian
dalam bentuk-bentuk kepemilikan.
Jawab:
Jawab:
Bentuk kepemilikan tunggal, yaitu
perusahaan dijalankan oleh satu orang dan pemilik tidak perlu membagi laba.
Kongsi yaitu perusahaan dimiliki oleh
dua orang atau lebih dan umur perusahaan terbatas serta kepemilikan bersama
atas harta.
Perusahaan perseroan yaitu perusahaan
dengan badan hukum dan kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang
dimiliki.
10. Sebutkan tiga alternatif pada saat berakhirnya usaha.
Jawab:
1. Likuidasi.
2. Reorganisasi.
3. Perpanjangan waktu pembayaran.
Sumber:
Ir. Budi Sumartono M.SI –
Kewirausahaan I