Sabtu, 10 Desember 2011

"BAHAYA PONSEL ATAU HANDPHONE"

"BAHAYA PONSEL ATAU HANDPHONE"
Mungkin sudah pada tau ya tentang bahayanya handphone atau ponsel yang menjadi alat komunikasi jarak jauh. Disamping ada sisi positif darai ponsel tersebut ternyata si ponsel ini mempunyai sisi negatif. Menurut beberapa sumber yang saya baca, WHO yaitu Organisasi Kesehatan Dunia menjelaskan bahwa ponsel atau handphone berpotensi memaparkan karsinogen yaitu "ZAT YANG MENYEBABKAN PENYAKIT KANKER" . Serem ya ?? Dijaman yang sudah modern ini handphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dilepaskan smentara ada bahaya yang mengancam dari penggunaan ponsel tersebut. Lalu bagaimana kita mesiasatinya ???
Menurut beberapa sumber yang saya baca ada bagaimana cara memakai ponsel atau handphone yang sehat agar kita sebagai pengguna bisa teteap menggunakan ponsel tapi terhindar dari bahayanya. Berikut adalah tips-tpisnya:

- Pertama Gunakan ponsel atau handphone dalam keadaan sinyal penuh. Jangan pernah menelepon didalam mobil atau lift karena membuat handphone atau ponsel anda mencari sinyal yang sulit diakses.

- Kedua Pakai pengeras suara. Usahakan handphone atau ponsel dengan kepala kita mempunyai jarak yang sejauh mungkin karena ini bisa mengurangi tingkat energi.

- Ketiga Menggunakan telinga bergantian. Bila terpaksa menelepon menggunakan telinga sebaiknya gunakan telinga secara bergantian karena hal ini dilakukan untuk membatasi kontak yang terlalu lama di satu sisi telinga yang bisa mengakibatkan peningkatan risiko tumor otak dan kanker.

- Keempat Singkat berbicara jika menelepon. Jika kita ingin membahas sesuatu yang panjang sebaiknya bertemu langsung karena setelah pembicaraan dengan menggunakan handphone atau ponsel selama 2 menit, maka aktivitas listrik otak dapat diubah setidaknya 1 jam.

- Kelima Gunakan  SMS atau BBM. Usahakan jika memang pembicaraan tidak terlalu penting lebih baik menggunakan SMS atau BBM karena bisa membatasi kedekatan antara kepala dan handphone atau ponsel.

- Keenam Menaruh handphone atau ponsel jangan disaku. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pria yang menaruh handphone atau ponselnya di saku atau kantong  memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah, bagian-bagian tubuh diketahui menyerap radiasidalam intensitas yang berbeda dan jaringan testis mungkin lebih rentan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar